Stadion-stadion Megah Yang Dipakai Untuk Piala Dunia 2018

Stadion Piala Dunia 2018Piala Dunia 2018 sudah di depan mata!

Jadwal lengkap Piala Dunia 2018 sudah diketahui, dan hasilnya pun terbilang menarik sebab tim-tim penghuni masing-masing grup pun merata dan tidak ada grup yang menonjol. Namun, ada baiknya bagi kita untuk tidak fokus dari nasib tiap-tiap negara yang akan bertanding di Rusia nanti.

Hal menarik lain yang bisa kita bicarakan adalah mengenai tim unggulan, pemain, jersey, dan juga stadion. Kali ini Cambodialeague akan mengulas soal stadion yang akan dipakai untuk penyelenggaraan Piala Dunia 2018 mendatang.

Setidaknya ada 12 stadion yang akan dipakai untuk menyelenggarakan total 64 pertandingan dari fase grup sampai pertandingan final. Sebagai negara yang sangat besar luas wilayahnya, Rusia pun tentu saja punya sejumlah stadion megah yang menarik untuk diintip lebih mendalam.

Berikut ini 12 stadion yang ditunjuk sebagai tempat penyelenggaraan Piala Dunia 2018:

Stadion Luzhniki
Stadion Luzhniki Piala Dunia 2018
Stadion Luzhniki yang akan menjadi tempat bagi pertandingan pembuka dan pertandingan final Piala Dunia 2018 merupakan stadion yang bisa menampung penonton terbanyak di Rusia. Terletak di ibukota Rusia, Moscow, stadion yang satu ini mampu menampung tidak kurang dari 80 ribu penonton.

Stadion Luzhniki juga pernah dipakai untuk pertandingan final Liga Champions tahun 2008. Boleh dibilang jika Stadion Luzhniki adalah Stadion Wembleynya Rusia, karena tak ada klub yang menggunakannya sebagai stadion kandang, walaupun beberapa klub sempat menggunakannya sebagai kandang sementara.

Ekaterinburg Arena
Ekaterinburg Arena Piala Dunia 2018
Ekaterinburg Arena adalah stadion yang berada di kota Yekaterinburg. Yang membedakan Ekaterinburg Arena dengan stadion lain adalah bangku tribun penontonnya yang cukup unik. Sebelum ditunjuk sebagai venue penyelenggaraan Piala Dunia, stadion yang menjadi kandang untuk klub FC Ural ini hanya mampu menampung sekitar 35 ribu penonton.

Namun syarat utama dari FIFA untuk stadion yang akan dipergunakan untuk tempat penyelenggaraan Piala Dunia 2018 adalah harus bisa menampung setidaknya 40.000 penonton, maka dibuat tribun tambahan sementara di luar stadion! Saat ini, proses renovasi Ekaterinburg Arena sudah hampir selesai dan siap untuk dipakai sebagai venue Piala Dunia 2018.

Kazan Arena
Kazan Arena Piala Dunia
Dari namanya, kita sudah tau bahwa Kazan Arena merupakan stadion yang menjadi kandang dari salah satu klub di Premier League Rusia, Rubin Kazan. Berada di kota Kazan, Kazan Arena mampu menampung total 45.379 penonton.

Satu keunikan ada di Kazan Arena dimana dalam stadion ini terpasang sebuah layar besar yang merupakan layar terbesar yang ada di stadion-stadion di Eropa. Selain itu, Kazan Arena terkenal megah karena didesain oleh arsitek yang menangani stadion Wembley dan Emirates yang populer di Inggris.

Stadion Spartak
Stadion Spartak Piala Dunia 2018
Sama seperti Stadion Luzhniki, Stadion Spartak juga terletak di kota Moscow. Stadion Spartak adalah kandang resmi dari klub Spartak Moscow. Stadion yang juga dikenal dengan nama Otkrytiye Arena ini mampu menampung sampai 45.360 penonton.

Stadion Spartak merupakan salah satu stadion yang paling disukai oleh publik rusia, yang terdukung berkat keberadaan patung Spartacus, sosok gladiator Romawi yang berada di luar stadion. Sebelumnya, stadion ini pernah dipakai untuk venue konser beberapa band top dunia, seperti Incubus dan Triggerfinger.

Stadion Fisht
Stadion Fisht Piala Dunia
Stadion Fisht adalah stadion yang mampu menampung sekitar 47.659 penonton dan terletak di kota Sochi. yang sebelumnya menjadi tuan rumah dari Olimpiade Musim Dingin 2014. Stadion ini dinamakan Fisht berdasarkan nama pengunungan Fisht yang terletak di daerah Sochi.

Walaupun daya tampung stadion ini cukup banyak, tidak ada klub Rusia yang menjadikan stadion ini sebagai kandang mereka. Sebelumnya, Stadion Fisht memiliki atap tertutup, namun demi memenuhi regulasi dari FIFA, atap tersebut kemudian dilepas.

Stadion Kaliningrad
Stadion Kaliningrad Piala Dunia
Stadion Kaliningrad merupakan stadion penyelenggaraan Piala Dunia 2018 yang berada di sebelah utara negara Rusia. Stadion yang juga punya nama lain Arena Baltika ini terletak di Pulau Oktyabrskaya, Kaliningrad.

Dijadikan sebagai kandang untuk FC Baltika Kaliningrad, desain dari stadion ini terinspirasi dari kandang Bayern Munchen, Allianz Arena. Pada awalnya berkapasitas 35.512 penonton, saat ini dilakukan renovasi yang sudah hampir selesai.

Stadion Saint Petersburg
Stadion Saint Petersburg
Dari namanya saja, kita semua pasti bisa menebak jika Stadion Saint Petersburg adalah kandang dari klub raksasa Rusia, Zenit St Petersburg. Stadion Saint Petersburg merupakan stadion terbesar kedua setelah Stadion Luzhniki.

Berkapasitas 64.287 penonton, Stadion Saint Petersburg merupakan salah satu stadion kebanggaan Rusia. Stadion yang satu ini juga dikenal dengan nama Stadion Krestovsky, karena letaknya yang berada di Pulau Krestovsky, Saint Petersburg. Selain megah, Stadion Saint Petersburg juga punya keunikan berupa atapnya yang bisa dibuka-tutup.

Volgograd Arena
Volgograd Arena Piala Dunia
Volgograd Arena merupakan stadion yang berada di kota Volgograd, 1000 kilometer di selatan kota Moscow. Saat ini, Volgograd masih menjalani proses renovasi. Stadion yang berstatus sebagai kandang FC Rotor Volgograd ini bisa menampung setidaknya 45.568 penonton.

Pada awalnya, bangunan di stadion ini sebenarnya megah namun terlihat polis. Setelah dilakukan renovasi, nuansa modern akan menyelimuti stadion ini karena akan dipasang jendela warna-warni. Pemandangan di sekitar stadion ini juga cukup indah karena terletak di dekat Sungai Volga.

Stadion Nizhny Novgorod
Stadion Nizhny Novgorod Piala Dunia
Stadion Nizhny Novgorod ada di kota Nizhny Novgorod ini, bisa menampung sampai 44.899 penonton. Stadion Nizhny Novgorod juga punya pemandangan yang sangat indah seperti Arena Volgograd karena terletak di pertemuan antara Sungai Volga dan Sungai Oka.

Saat ini, renovasi sudah mendekati selesai, namun ada insiden sempat melanda di bulan Oktober silam yakni sempat terjadi kebakaran di sekitar stadion. Untungnya, masalah itu cepat teratasi dan pembangunan kembali dilanjutkan.

Mordovia Arena
Mordovia Arena Piala Dunia
Mordovia Arena merupakan Stadion yang bisa menampung 44.442 penonton. Saat ini, stadion yang berada di kota Mordoviya ini masih menjalani proses renovasi. Terletak di daerah Saransk, Mordovia, stadion yang satu ini menjadi kandang klub FC Mordovia Saransk.

Mordovia Arena merupakan stadion yang bersdesain kuno dan kokoh. Kapasitas awal dari stadion ini adalah 28 ribu penonton, namun khusus untuk Piala Dunia 2018 nanti, daya tampung ditambah untuk memenuhi persyaratan dari dari FIFA.

Rostov Arena
Rostov Arena Piala Dunia 2018
Stadion yang terletak di kota Rostov-on-Don ini adalah kandang dari klub FC Rostov. Rostov Arena saat ini tengah menjalani renovasi untuk penambahan daya tampun, yang ditarget akan bisa menampung sebanyak 45.145 penonton.

Selain penambahan kapasitas, kabarnya renovasi juga diadakan di sektoe pemasangan eskalator dan lift. Menariknya, setelah Piala Dunia 2018 berakhir, kapasitas akan kembali berkurang hingga hanya 5 ribu penonton!

Samara Arena
Samara Arena Piala Dunia 2018
Samara Arena adalah tempat penyelenggaraan paling unik untuk Piala Dunia 2018 nanti. Dikenal juga dengan nama Cosmos Arena, stadion yang terletak di Samara ini dulunya adalah tempat pengembangan proyek luar angkasa Uni Soviet.

Stadion yang memakan biaya sebesar 320 juta USD untuk proses renovasi ini bisa menampung sebanyak 44.807 penonton, dan saat ini Samara Arena menjadi kandang dari klub FC Krylia Sovetov Samara.