Ronaldo Selamatkan Juventus Dari Kekalahan

Ronaldo Juventus

Juventus hampir saja kalah dari Atalanta seandainya Cristiano Ronaldo tidak menyamakan kedudukan dalam pertandingan ke-18 Liga Italia Serie A 2018/2019 yang diselenggarakan di Stadion Atleti Azzurri d’Italia, Bergamo, Rabu (26 Desember 2018).

Massimiliano Allegri benar-benar menempatkan Cristiano Ronaldo di bangku cadangan seperti yang sudah dia katakan beberapa hari lalu sebelumnya, dalam kunjungan ke kandang Atalanta dalam pertandingan Boxing Day.

Walau tidak ada Ronaldo, Juventus mampu mencuri keunggulan lebih dulu. Pertandingan baru memasuki menit kedua skor sudah berubah. Berat Djimsiti, bek Atalanta, yang bermaksud menghalau umpan Alex Sandro malah melakukan gol bunuh diri.

Keunggulan cepat rupanya semakin membuat Juventus makin beringas. Pada menit keempat gelandang muda Rodrigo Bentancur melepaskan tembakan yang masih dapat diamankan Etrit Berisha. Perlahan Atalanta mampu menyusun ritme dan tempo permainan, sementara Juventus tetap merancang serangan demi serangan.

Setelah Juventus memperoleh peluang kedua untuk menggandakan keunggulan yang terbuang karena sundulan Giorgio Chiellini yang melebar, Atalanta justru membalas. Pada menit ke-24 Duvan Zapata melepaskan tembakan kaki kiri untuk membobol gawang Wojciech Szczesny.

Atalanta kemudian memperoleh peluang melalui Timothy Castagne dan Alejandro Gomez namun pemain belakang Juventus masih bisa melakukan blok. Tuan rumah secara konsisten mampu memberi ancaman ke gawang tim tamu, namun skor imbang 1-1 bertahan hingga jeda.

Babak kedua berjalan lebih sulit bagi Juventus, pasalnya Il Bianconeri harus bermain dengan 10 orang usai Rodrigo Bentancur melakukan pelanggaran kepada Timothy Castagne dan memperoleh kartu kuning kedua yang memaksanya keluar dari lapangan.

Tiga menit selepas kartu merah Bentancur, Atalanta membalikkan kedudukan. Zapata membukukan gol kedua ke gawang Szczesny. Pemain Kolombia itu memaksimalkan umpan Alejandro Gomez dengan sundulan. Di menit 65 Cristiano Ronaldo turun ke lapangan untuk menggantikan Sami Khedira.

Keputusan Allegri memainkan Ronaldo terbukti tepat karena sang pemain mencetak gol penyelamat pada menit ke-78. Leonardo Bonucci membuat bola bersarang pada menit akhir pertandingan, namun sang pemain ternyata berada di posisi offside sehingga skor imbang 2-2 menjadi hasil akhir.

Susunan pemain inti Atalanta: Etrit Berisha; Gianluca Mancini, Berat Djimsiti, Andrea Masiello; Hans Hateboer, Mario Pasalic, Remo Freuler, Timothy Castagne; Josip Ilicic, Alejandro Gomez, Duvan Zapata.
Susunan pemain inti Juventus: Wojciech Szczesny; Mattia De Sciglio, Leonardo Bonucci, Giorgio Chiellini, Alex Sandro; Sami Khedira, Rodrigo Bentancur, Emre Can; Paulo Dybala, Mario Mandzukic, Douglas Costa.