3 Faktor Yang Membuat Liga Italia Kembali Digilai

Liga Italia Serie ADi ajang Piala Dunia 2018 memang kita tidak bisa menyaksikan penampilan tim nasional Italia. Situasi persepakbolaan dalam negerinya dalam beberapa tahun belakangan ini juga tidak semenarik kompetisi Eropa lainnya.

Hal itu bisa kita saksikan dari rendahnya tensi persaingan perebutan gelar juara yang selama beberapa tahun ke belakang hanya dikuasai oleh satu klub, Juventus. Il Biancoeri berhasil menjadi juara Liga Italia tujuh kali beruntun sejak musim 2011-2012 hingga musim kemarin.

Hal itu membuat Liga Italia dalam beberapa waktu belakangan dirasa membosankan karena kurangnya persaingan. Akibat dominasi Juventus tersebut, beberapa klub di sempat kehilangan sponsor atas minimnya prestasi. Tidak ada banyak logo sponsor yang terpampang di jersey AS Roma, Lazio, Fiorentina dalam beberapa musim ke belakang.

Musim ini sepertinya bisa jadi akan ada banyak kejutan yang jarang kita lihat di sepakbola Italia sebelumnya. Ada banyak hal yang dapat dijadikan alasan bagi pecinta sepak bola untuk tidak ketinggalan pertandingan-pertandingan Liga Italia yang akan datang.

Investor asing

liga italia
Dimulai sekitar enam sampai tujuh tahun terakhir, Liga Italia perlahan mulai menarik minat dari beberapa investor yang tertarik dalam bisnis sepak bola. Mulai dari konglomerat Amerika, Tiongkok, bahkan Indonesia.

Dengan kehadiran investor asing dalam dunia sepak bola Italia, setidaknya dengan perlahan klub-klub itu mulai melakukan proses pembangunan tim dengan transfer-transfer pemain yang bisa dikatakan dukup menarik.

Kembalinya Ancelotti Ke Italia

liga italia serie-a
Selama ini, banyak manajer asal Italia yang Berjaya di luar negaranya. Carlo Ancelotti adalah salah satunya. Baik sebagai pemain maupun pelatih, dia berhasil memenangkan banyak gelar bergengsi dalam karier sepak bolanya.

Bersama AC Milan, Ancelotti berhasil segalanya sebagai pemain. Sebagai pelatih pun dia sudah berhasil membawa pulang banyak gelar di sejumlah klub seperti AC Milan, Chelsea, dan Real Madrid.
Setelah berkeliling di sejumlah klub top Eropa, ia musim ini kembali ke negeri kelahirannya untuk menangani Napoli.

Cristiano Ronaldo


Kepindahan Cristiano Ronaldo dari Real Madrid ke Juventus menjadi salah satu kejutan di musim panas ini. Sebelumnya, tidak pernah ada yang menyangka jika dia mau merumput di Italia. Faktor kedatangan Cristiano Ronaldo Ronaldo dapat menjadi poin yang paling berpengaruh. Usai berita kepindahannya, banyak spekulasi bermunculan.

Banyak orang yakin jika kedatangan Cristiano Ronaldo ke Juventus bisa membantu meningkatkan kualitas persepakbolaan Italia dalam beberapa aspek, termasuk ekonomi. Kedatangan kapten tim nasional Portugal itu tentu akan membuat dunia memusatkan perhatiannya kepada Liga Italia.